Jumat, 17 Juli 2015

HEMICHORDATA



Hemichordata atau dikenal juga dengan Branchiotremata adalah Subfilum dengan bentuk memanjang seperti cacing, umumnya dianggap sebagai saudara dari grup echinodermata. Hemichordata berasal dari bahasa Yunani dan Latin (hemi: setengah, chorda : penyokong tubuh dalam) karena hemichordata memiliki sebagian karakteristik dari chordata dan sebagian invertebrata. Berdasarkan kesamaannya terhadap filum chordata, hemichordata  ditempatkan pada filum ini, namun studi DNA telah memperihatkan relasi hemichordata lebih dekat dengan echinodermata dari pada chordata. Contoh spesies Hemichordata adalah Saccoglossus (cacing pohon) dan Balanoglossus.

  
Contoh salah satu spesies Subfilum Hemichordata

Hemichordata tersebar luas dan dapat ditemukan di hampir setiap lingkungan air diseluruh dunia baik di pantai dangkal hingga ke laut yang lebih dalam. Hemichordata terdapat di wilayah laut dangkal, walaupun kadang-kadang ditemukan dalam air yang lebih dalam tetapi juga kadang-kadang hidup di pasir di dalam tempurung, maupun di bawah batu.

Bentuk tubuh Hemichordata adalah bilateral simetris dengan badan yang lunak dan berbentuk silinder seperti cacing. Tubuhnya dilapisi epidermis yang terdiri atas satu lapis sel yang mempunyai cilia. Notokordnya berongga, pendek, merupakan lanjutan ke depan dari saluran pencernaan dan masuk ke dalam proboscis. Hewan ini memiliki celah insang yang banyak di sisi lateral.

Hemichordata memiliki tiga bagian tubuh (tripartite) yang dapat dibedakan menjadi :
a.  Probocis atau belalai untuk membuat lubang pada lumpur atau pasir
b.  Collare (leher), yang berbentuk sebagai leher baju dan mengelilingi colum dan basis proboscis.
c.  Truncus(badan), yang panjang agak pipih dan terdapat celah insang

Pada Hemichordata cellom proboscis dan cellom collare diduga dapat diisi dengan air laut sehingga mengembang dan mengeras. Oleh karenanya dan dengan bantuan gerakan otot tuncus, hewan dapat masuk ke dalam lumpur. Mulut tetap terbuka, sehingga air dan lumpur yang mengandung sisa-sisa organis masuk ke dalam mulut. Air kemudian keluar melalui lubang-lubang, kandung-kandung, celah-celah insang, sisa-sisa organis merupakan makanan dan tanah, dikeluarkan melalui anus.

Dinding badan terdiri atas jaringan otot. Di dalam proboscis terdapat satu celom yang bermuara keluar melalui satu lubang, ialah porus proboseis. Di dalam collare terdapat dua celom yang dipisah satu dari yang lain oleh suatu sekat median ialah mesenterium dorsale dan menseterium entrale. Juga celom ini bermuara keluar masing-masing melalui porus collare. Celom di dalam proboscis dan di dalam collare dilalui oleh fasciculi jaringan pengikat. Cellom itu dapat diisi dengan air laut melalui pori.

Sistem sarafnya meliputi pokok saraf dorsal dan pokok saraf ventral. Jantung terletak di sebelah dorsal bagian anterior, dilengkapi pembuluh darah dorsal dan pembuluh darah ventral.

Pada Enteropneusta biasanya reproduksi seksual melalui pemupukan eksternal, dan mengembangkan baik secara langsung atau melalui tornaria larva. Pengembang secara tidak langsung, termasuk Balanoglossus dan Ptychodera. Kebanyakan Hemichordata berkembang dari telur ke planktonic tornaria jentik-jentik ke bentuk dewasa. Tornaria larva yang akhirnya menjadi sessile, dengan bersembunyi dan mengembangkan ekor di belakang anus.

Subfilum Hemichordata dibagi menjadi dua kelas, satu kelas telah punah, dan dua ordo. Kelas Subfilum Hemichordata yaitu :
a.  Kelas Enteropneusta, kelas ini hidup labih dari 70 spesies Mereka tinggal di  Burrows dalam substrat (lumpur atau pasir halus) atau di bawah batu, baik di perairan dangkal dan lebih mendalam. contoh Balanoglossus sp.
b.  Kelas Pterobranchia, hanya ditemukan antara 10-20 spesies,
c.  Kelas Graptolithna (telah punah) dan fosilnya berbentuk seperti bekas goresan mata pisau gergaji

Sementara Ordo Hemichordata antara lain :
a.  Ordo : Cephalodiscoides, contoh Cephalodiscus sp.
b.  Ordo : Rhabdopleuridea, contoh : Rhabdopleura, sp.

Dari kedua Subkelas Hemichordata yang masih ada tersebut yang hidup paling sering dijumpai adalah Enteropneusta, cacing acorn.



0 komentar :

Template by : kendhin x-template.blogspot.com