Kamis, 05 November 2015

MITOKONDRIA

Mitokondria merupakan salah satu organel sel yang berbentuk seperti rangkaian butir-butir yang tersusun seperti benang. Mitokondria merupakan organel yang berfungsi  dalam respirasi sel makhluk hidup dengan menyediakan energi selular (ATP) sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam sel. Ukuran dan bentuk mitokondria bervariasi berdasarkan jaringan dan keadaan fisiologis sel. Pada umumnya mitokondria berbentuk oval (jorong) dengan diameter antara 0.5 sampai 1 µm dan panjang sampai 7 µm. Dengan ukuran yang sangat kecil mitokondria tidak dapat dilihat dengan mikroskop cahaya melainkan dengan menggunakan mikroskop elektron.


Gambar Struktur mitokondria

Mitokondria memiliki selaput rangkap yang disebut memban luar dan membran dalam. Selaput dalam membagi ruang organel menjadi dua yaitu matriks dan ruang antar selaput. Matriks berisi cairan seperti gel diliputi oleh selaput dalam. Matriks, ruang antar selaput, selaput luar dan selaput dalam mengandung bermacam-macam enzim. Matriks mengandung enzim-enzim siklus Kreb, garam dan air, DNA sirkuler dan ribosom. Selaput dalam mempunyai area permukaan yang lebih luas karena berlipat-lipat dan masuk ke dalam matriks. Lipatan-lipatan ini disebut krista yang bervariasi dalam jumlah dan bentuknya. Mitokondria dapat mengkode bagian-bagian proteinnya dengan alat-alat yang dimilikinya.

Makanan dioksidasi untuk menghasilkan elektron berenergi tinggi yang dikonversi menjadi energi yang tersimpan. Energi ini disimpan dalam bentuk ikatan fosfat kaya energy dalam molekul yang disebut adenosine triphosphate, atau ATP. ATP dikonversi dari adenosine diphosphate dengan menambahkan grup fosfat dengan ikatan kaya energi. Bermacam-macam reaksi di dalam sel dapat menggunakan energy (dimana ATP dikonversi kembali menjadi ADP, melepaskan energy tinggi) atau menghasilkan energy (dimana ATP dihasilkan dari ADP).


0 komentar :

Template by : kendhin x-template.blogspot.com